Minggu, 18 Maret 2012

Sertifikasi Guru 2012: Nilai Rata-Rata Pengawas Rendah

Nilai UKA pengawas sangat rendah. Nilai itu lebih rendah dibandingkan dengan nilai rata-rata UKA yang diperoleh guru. Dari 281.016 peserta UKA, sebanyak 606 peserta dari kategori jabatan pengawas memiliki rerata ujian paling rendah dari kategori peserta guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Rerata ujian pengawas adalah 32,58.
 
Berkait dengan hasil yang rendah itu, menteri M. Nuh menyampaikan observasi lanjutan terhadap para pengawas akan dilakukan. Tujuannya, penanganan yang tepat dapat segera dilakukan terhadap penyebab rendahnya nilai rerata tersebut. Observasi akan mencakup sistem perekrutan, usia, latar belakang pendidikan, kemampuan dasar pengawas.

Mendikbud mengatakan, para pengawas kebanyakan berada di  usia pensiun. Ini berdasarkan hasil pengamatan secara umum di lapangan."Untuk itu perlu adanya observasi lanjutan agar dapat melihat kemungkinan hubungan usia pengawas dengan kompetensi atau yang lainnya," ujarnya.
Dengan kondisi yang seperti ini, kata Mendikbud, ada kemungkinan peserta akan diberi pelatihan, atau bahkan akan dibuat peraturannya.(sumber:kemendiknas.go.id)

Tidak ada komentar: