Kamis, 02 Februari 2012

Tips Sukses Uji Kompetensi Sertifikasi 2012

Konon, 25 Februari 2012 akan dilaksanakan uji kompetensi awal untuk syarat mengikuti PLPG 2012 bagi guru yang masuk daftar sertifikasi 2012. Entah dilaksanakan secara manual atau on-line tentu tidak masalah. Yang terpenting, uji kompetensi tersebut benar-benar untuk keberlangsungan PLPG 2012.

Hanya saja, guru yang akan ikut sertifikasi 2012, saat ini, menderita gundah gulana, was-was, dan bingung setelah mendengar kata uji kompetensi. Mereka bingung antara bisa lolos atau tidak. Pasalnya, para guru tidak mempunyai gambaran sama sekali ruang lingkup yang diujikan. Pokoknya, saat ini, guru sangat was-was seperti anak menghadapi ujian sekolah. Persis.

Mengapa harus gundah gulana? Tak perlulah, guru begitu. Guru harus percaya diri dalam menghadapi uji kompetensi karena yang diuji guru, materi uji tentang keguruan, dan dalam suasana pendidikan. Kecuali, yang diuji guru tetapi materinya tentang pertanian atau kelautan, tentu diperbolehkan gundah gulana.


Berikut ini, tips sukses uji kompetensi pra-PLPG 2012.
1. Yakin dan percaya diri kalau dapat mengerjakan soal uji kompetensi
2. Pelajari wilayah dan cakupan empat kompetensi (pedagogis, kepribadian, profesi, dan sosial).
3. Buatlah peta pikiran untuk tiap kompetensi n0. 2 tersebut.
4. Pelajari modul PLPG 2010 atau 2011 milik guru yang sudah mengikuti PLPG karena inti materi terdapat dalam modul tersebut.
5.  Belajarlah secara kelompok untuk pendalaman dengan kawan lain yang juga akan ikut PLPG.
6. Jangan bingung sendiri tetapi mulai arahkan diri anda untuk ikut uji kompetensi.
7. Yakinlah soal tidak jauh dari materi keguruan.




Tidak ada komentar: