Selasa, 14 Februari 2012

Sertifikasi Guru 2012: Bergayalah Seperti Siswa Siapkan Ujian Nasional

Inilah masa yang paling menegangkan bagi guru yang akan diikutkan PLPG 2012 apabila lolos Uji Kompetensi Awal. Meskipun, guru teramat paham kalau ujian itu sangat mudah dan enteng karena materi yang diujikan pasti dikembangkan dari kisi-kisi, materi tiap hari dikenali dan dipelajari, dan tiap kali materi selalu diucapkan dan disampaikan. Tapi, karena mendengar satu kata UJIAN guru tampaknya gentar. Padahal, saat menasihati siswanya yang akan Unas, guru selalu mengatakan "Jangan gentar!".

Inilah obat agar tidak gentar. Pertama, kenali dan dalami kisi-kisi UKA. Kedua, cermati pola soal yang kira-kira akan muncul dengan mencoba membuat sendiri bentuk soal yang bersumber dari kisi-kisi. Ketiga, belajarlah karena semakin sering belajar guru akan semakin menepis kegentaran. Keempat, anggap UKA sebagai stuasi Unas yang ditandai oleh dua pengawas, 20 peserta tiap kelas, 100 soal, dan pasti pakai lembar jawab komputer. Kelima, percaya diri akan kemampuan sendiri.

Sebaik-baik guru yang ikut UKA adalah guru yang yakin akan kemampuan sendiri dengan mengupas dan memperdalam materi secara terfokus. Sebaliknya, sejelek-jelek guru adalah mereka yang ragu sehingga mudah diakali oleh pihak lain yang akan menangguk keuntungan di atas kesusahan orang lain. Selamat ber-UKA. Garduguru berdoa agar Anda sukses UKA.

Tidak ada komentar: