Kamis, 23 Februari 2012

Memukul Bukan Cara Jitu Disiplinkan Siswa

Dahulu, para guru beranggapan kuat bahwa memukul merupakan sarana jitu untuk mendisiplinkan anak. Hal itu karena dipengaruhi iklim penjajahan yang mementingkan kekerasan untuk mendisiplinkan warga jajahannya. Vivanews melaporkan bahwa berdasarkan penelitian, memukul bukanlah cara yang tepat untuk mengajarkan kedisiplinan pada siswa. Menurut Canadian Medical Association Journal, mengajarkan disiplin dengan cara memberikan hukuman fisik, seperti memukul, dapat menyebabkan trauma mendalam pada siswa.

Tak hanya itu, siswa pun akan tumbuh menjadi sosok yang negatif dan agresif sama seperti yang telah dicontohkan oleh gurunya. Lalu, bagaimana seharusnya guru mendisiplinkan siswa mereka?
Penelitian menunjukkan cara asuh yang benar adalah dengan melakukan pendekatan positif, yakni dengan menetapkan batas-batas diskusi, mencoba bernegosiasi, dan memberikan pemahaman. Selain itu, guru juga harus konsisten denagn aturan- aturan yang telah dibuat dan disepakati bersama. Untuk mengajarkan disiplin, guru  dapat memulai dengan melibatkansiswa pada kegiatan sekolah. Ini dinilai paling efektif. (sumber: Vivanews.com)

Tidak ada komentar: